Menulis Surat Pribadi / Surat Dinas / Surat Pembaca | SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs | Download Soal Ujian Nasional
Headlines News :
Home » » Menulis Surat Pribadi / Surat Dinas / Surat Pembaca | SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

Menulis Surat Pribadi / Surat Dinas / Surat Pembaca | SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

Written By Unknown on Senin, 18 Februari 2013 | 21.51

Menulis Surat Pribadi / Surat Dinas / Surat Pembaca | SOAL UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

Contoh Soal dan Pembahasannya
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
Salam kangen,
[....] Aku terlalu banyak kegiatan akhir-akhir ini. Doaku dan harapanku, kamu sekeluarga berada dalam keadaan sehat dan baik. Keluargaku keadaannya juga demikian. Cahya...aku usul nih...bagaimana jika liburan mendatang kita berkunjung ke Borobudur?

Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah ...
A. Apa kabarmu? Semoga perjalanan liburanmu berkesan.
B. Maafkan aku Cahya, karena aku baru membalas suratmu.
C. Cahya, aku setuju dengan rencana kita untuk bertemu.
D. Kamu jangan khawatir, aku pasti akan datang ke rumahmu

Pembahasan
Kalimat kedua setelah pembuka dapat menjadi rujukan untuk kalimat pembuka, yakni Aku terlalu banyak kegiatan akhir-akhir ini (akibat). Jadi, kalimat yang sesuai untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut adalah, Maafkan aku Cahya, karena aku baru membalas suratmu (sebab).

Download Prediksi Soal UN Bahasa Indonesia 2013
Share this article :

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung di Download Soal Ujian Nasional

Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di form yang sudah disediakan !

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

LATIHAN ONLINE

 
Copyright © 2011. Download Soal Ujian Nasional - All Rights Reserved