NO. | KOMPETENSI | INDIKATOR |
1. | Memahami konsep dan operasi hitung bilangan bulat serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari |
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah |
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah |
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat |
||
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan pecahan serta dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. |
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan |
|
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan |
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau perbandingan |
||
Siswa dapat menentukan urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau sebaliknya |
||
Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah |
Siswa dapat menentukan KPK atau FPB dari dua bilangan dalam bentuk faktorisasinya |
|
Siswa dapat menentukan FPB atau KPK dari tiga buah bilangan dua-angka |
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan KPK |
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan FPB |
||
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan berpangkat dan penarikan akar pangkat 2 atau 3 |
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat dua |
|
Siswa dapat menentukan hasil penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat tiga |
||
Siswa dapat penyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga |
||
2 | Memahami konsep ukuran waktu, panjang, berat, panjang, luas, debit, volume, dan konsep jarak dan kecepatan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah. | Siswa dapat menentukan hasil penjumlahan dan pengurangan satuan waktu atau satuan panjang yang disajikan dalam soal cerita sederhana. |
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan volume. |
||
Siswa dapat menentukan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan satuan berat atau satuan luas. |
||
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan, dan waktu. |
||
3 | Memahami konsep, sifat dan unsurunsur bangun datar, serta hubungan antar bangun, dan dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah | Siswa dapat menentukan bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang disajikan atau sebaliknya. |
Siswa dapat menentukan hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan. |
||
Siswa dapat menentukan unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik sudut, sisi, atau rusuk). |
||
Siswa dapat menentukan satu pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar yang disajikan. |
||
Siswa dapat menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang. |
||
Memahami konsep luas bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | Disajikan gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan siswa dapat menghitung luasnya. |
|
Siswa dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana. |
||
Siswa dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah lingkaran). |
||
Memahami konsep volume bangun ruang sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah |
Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan volume kubus atau balok. |
|
Siswa dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu gambar yang ukurannya diketahui. |
||
Siswa dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar tabung yang ukurannya diketahui. |
||
4 | Memahami konsep koordinat untuk menentukan letak benda dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | Diberikan beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat menentukan koordinat salah satu titik. |
5 | Mamahami konsep pengumpulan dan penyajian data serta menerapkannya dalam pemecahan masalah | Siswa dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih). |
Siswa dapat menentukan banyak data pada diagram lingkaran yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu). |
||
Siswa dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan dalam bentuk tabel. |
||
Siswa dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran. |
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data | Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data). |
|
Siswa dapat menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk tabel (banyak data kurang dari 20 data). |
||
Siswa dapat menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk diagram batang. |
||
Siswa dapat menentukan nilai median dari sekumpulan data tunggal yang disajikan. |
||
Siswa dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan dalam bentuk soal cerita. |
||
Siswa dapat menentukan selisih nilai tertinggi dan terendah dari data yang disajikan. |
||
Home »
matematika-sd
» KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI MATEMATIKA 2013
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI MATEMATIKA 2013
Written By Unknown on Senin, 28 Januari 2013 | 06.55
KISI-KISI UJIAN NASIONAL SD/MI MATEMATIKA 2013
Label:
matematika-sd
0 komentar:
Terima kasih telah berkunjung di Download Soal Ujian Nasional
Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar di form yang sudah disediakan !
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.